Menurunkan Kolesterol dengan Rebusan Daun Salam

Sumber : Instagram @tuttelespeziedelmondo

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang dibutuhkan tubuh manusia untuk untuk mencerna makanan dan memproduksi hormon dan vitamin D. Saat kadar kolesterol normal menandakan tubuh sehat, namun apabila kadar kolesterol tinggi sangatlah berbahaya bagi tubuh manusia, karena merupakan salah satu faktor pemicu munculnya penyakit jantung dan pembuluh darah. Tak heran, berbagai usaha dilakukan orang untuk menurunkan kadar kolesterolnya. Salah satu cara yang diklaim mampu menurunkan kadar kolesterol adalah dengan meminum rebusan daun salam. Daun salam memiliki aroma yang harum dan kerap kali dijadikan bumbu dalam berbagai masakan. Daun salam sejak dulu dipercaya memiliki kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan salah satunya membantu menurunkan kadar kolesterol.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Aljamal (2011) yang diterbitkan dalam Research Journal of Medicinal Plants terhadap 50 pasien selama 30 hari menunjukan bahwa semua pasien yang mengonsumsi daun salam sebanyak 2g setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol total sebesar 22%, penurunan kolesterol LDL (Low-Density Lipoprotein) hingga 24%, meningkatkan kolesterol HDL (High-Density Lipoprotein) hingga 18%, dan Trigliserida juga menurun sebesar 25%. Studi lain yang dilakukan oleh Khan, dkk (2009) dalam Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition menunjukan bahwa mengonsumsi daun salam 1-3 g setiap hari selama 30 hari mampu mengurangi kadar kolesterol sebanyak 20-24%.

Cara mudah untuk mendapatkan manfaat dari daun salam adalah merebusnya. Ambil 7 hingga 10 daun salam yang segar, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Air rebusan daun salam lalu disaring dan diminum. Jangan lupa untuk meminumnya secara teratur pagi dan malam hari dan kalian juga harus melakukan pola hidup sehat lainnya supaya manfaat rebusan daun salam jadi lebih optimal.


Posting Komentar

0 Komentar